05
Feb
08

Awas Telur Palsu . .

telur_palsu.jpg
Baru-baru ini di Korea Selatan gempar dengan peredaran telur palsu, yang mengisi sebagian besar stok pasar swalayan dan di pusat-pusat grosir, yang membuat masyarakat resah dan khawatir.
Konon, telur buatan itu berasal dari Kota Zhengzhou, China. Salah satu pemilik perusahaan pembuat telur tiruan, Mr. Wang, menjelaskan bagaimana telur-telur buatan itu dibuat.
Putih telur dibuat dengan melarutkan sodium alginate dalam air. Larutan tersebut akan terlihat seperti cairan bening yang kental dan sulit membedakannya dengan putih telur yang sebenarnya.
Sedangkan kuning telur dibuat dengan menyekop suatu cairan dengan pigmen kuning dan memadatkan serokan cairan tersebut ke dalam larutan kalsium klorida.
Langkah berikutnya, lanjut Wang, putih telur dan kuning telur dibungkus ke dalam ‘kulit telur’ yang dibuat dari kalsium karbonat. Jika ditambah tepung kanji atau bubuk kuning telur pada ‘kuning telur’ tersebut, maka tekstur dari sebuah telur buatan setelah dimasak hampir tidak ada perbedaan dengan telur yang asli.
Bahan utama telur-telur imitasi tersebut adalah bahan tambahan makanan, getah damar, kanji, pengeras, dan pigmen-pigmen. Konsumsi yang berlebihan atas bahan-bahan tersebut akan merusak perut dan menyebabkan gejala-gejala seperti kehilangan ingatan dan keterlambatan mental.
Nah, hal yang harus diwapadai adalah, apakah telur-telur buatan itu sudah masuk ke Indonesia ? Mengingat produk-produk China, baik berupa mainan ataupun makanan sangat mudah masuk ke Indonesia.
Dan mulai sekarang, hati-hati dengan penawaran “Telur curah, harga super murah!”
(sumber diperoleh dari teman dan indo pos)

5 Responses to “Awas Telur Palsu . .”


  1. Oktober 27, 2008 pukul 7:23 am

    ada juga yang ngejualin di kereta api,stasiun2 harga yang mereka tawarin cukup murah cuma 1500/2 pcs udah mateng n tinggal makan padahal telur mentah aja udah 1200 an/butirnya

  2. Oktober 27, 2008 pukul 7:21 am

    ada juga yang ngejualin di kereta api,stasiun2 harga yang mereka tawarin cukup murah cuma 1500/a pcs udah mateng n tinggal makan padahal telur mentah aja udah 1200 an/butirnya

  3. Oktober 24, 2008 pukul 2:06 am

    ada2 aja, dijaman serba susah begini, masih adaaaa aja yang nekat dan tega berbuat seperti itu!!
    ck..ck..ck..

  4. Juni 9, 2008 pukul 6:00 am

    pas bgt ni,,,kmrn w br ja nonton berita ttg telur palsu d trans7,,,yg penting kita hrs teliti ajah…

  5. 5 yudirasta
    April 17, 2008 pukul 9:01 am

    harusnya tidak perlu khawatir, asalkan selalu meng konsumsi telur yg kita beli dari awal masih berbetuk telur,jangan yg langsung matang,krn tidak tau apakah itu asli atau palsu,mending beli yg masih Utuh…ok,tks


Comments are currently closed.

a

Bank Post

Nilai Web Site Ini


This website is worth
What is your website worth?

Pengunjung

  • 356,026 ,056

Peduli AIDS

Iklan

Profile Faceeok

Baktyar Ersat Sukoco's Facebook profile

%d blogger menyukai ini: